Berdamai dengan Hal yang Tidak Bisa Kamu Kontrol di Tempat Kerja

Banyak sekali hal yang bisa terjadi di luar kendali dirimu, misalnya kejadian atau sikap orang lain yang kamu terima di tempat kerja. Dari rekan kerja yang sulit diajak berkomunikasi hingga daftar tugas yang terus berdatangan tanpa henti. Namun, bagaimanapun stres yang dialami, selalu ada cara supaya kamu bisa memanajemen stres dengan baik. Berdamai dengan keadaan yang ada.

Ketika hal yang tidak bisa kamu kontrol itu terjadi, ada tiga hal yang bisa kamu coba terapkan sebagai alternatif solusi.

Pertama, Berlatih Menjadi Lebih Mindful

Khawatir itu hal yang wajar, tetapi jika kekhawatiranmu terhadap sesuatu sudah mengganggu produktivitas, artinya kamu harus lebih mindful dengan memusatkan pikiran untuk fokus pada hal yang bisa dikontrol. Dengan berlatih menjadi lebih mindful, kamu akan lebih sadar terhadap keadaan sekitarmu dan lebih mudah mengendalikan emosimu.

Cari posisi duduk yang nyaman, atur napas secara sadar, rasakan udara saat kamu menarik dan mengembuskan napas. Lalu, coba amati benda-benda di sekitarmu. Kamu tidak ada di masa lalu, kamu ada di masa sekarang. Perlahan kenali emosi yang kamu rasakan. Lakukan hal ini 3-5 menit hingga kamu merasa lebih baik.

Kedua, Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

“Meeting lagi, meeting lagi, huft!” Hayo, ada yang pernah mengeluhkan hal yang sama? Nggak bisa dipungkiri, semakin canggih teknologi, pertemuan atau rapat daring semakin sulit dihindari. Belum lagi kalender yang penuh dengan deadline pekerjaan.

Nah, untuk membantumu mengatasi stres, pilih waktu tertentu dan tandai kalendermu hanya untuk dirimu sendiri. Ambil jeda 10-30 menit secara teratur di tengah kesibukanmu yang padat. 

Gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal yang kamu sukai, misalnya berjalan-jalan sebentar di ruang terbuka untuk menghirup udara segar, olahraga ringan, atau justru duduk manis sambil membaca buku. Jangan lupa letakkan gadget-mu!

Ketiga, Berlatih Menulis Jurnal

Menyadur dari ensiklopedia Pusat Medis Universitas Rochester, journaling merupakan kegiatan menuliskan pikiran dan perasaan agar kamu bisa memahaminya lebih jelas. Journaling akan membantumu mengendalikan emosi dan meningkatkan kesehatan mental.

Kamu bisa mencoba menuliskan hal-hal yang menjadi penyebab kamu merasa stres atau cemas di pekerjaan atau di kehidupanmu. Lalu tulis juga cara yang bisa kamu upayakan untuk mengatasinya. Ingat, fokuslah pada hal yang bisa kamu kendalikan!

Kalau kamu belum terbiasa menulis jurnal, di Bulan Mei 2023, Career Class akan menghadirkan Program Healing Room, lho! Mengusung tagline100 days journaling habit”, kamu akan didampingi oleh psikiater dan beberapa narasumber yang kompeten untuk lebih mengenal dirimu dengan lebih baik. Pendaftaran akan segera dibuka tanggal 11-14 April 2023!

Tertarik dengan Program Healing Room dari Career Class? Pantau terus media sosial Career Class supaya nggak ketinggalan informasi lengkapnya, ya!

Instagram: @careerclass_id

LinkedIn: Career Class

Website: www.careerclass.id

Oleh: Nur Fauziah, Career Class Angkatan 2020.