Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Career Switching


Dalam dunia pekerjaan, berpindah karier sebenarnya adalah hal yang lazim dilakukan. Meskipun demikian, keputusan untuk berpindah karier menjadi pilihan yang dilematis bagi sebagian besar orang. Orang memiliki berbagai alasan untuk berpindah karier, mulai dari mencari tantangan baru atau ingin mendapatkan benefit lebih besar. 

Jika kita sedang mempertimbangkan keputusan untuk berpindah karier, yuk simak tips berikut !

Tentukan tujuan dan alasan pindah karier dengan jelas

Sebelum memutuskan untuk berpindah karier, pertimbangkan tujuan dan alasan mengapa kita harus melakukannya. Apakah kita ingin meningkatkan penghasilan, mencari tantangan lain yang lebih kita minati, atau mengubah jalur karier baru? Jangan sampai kita hanya menggunakan alasan jangka pendek untuk berpindah karier, seperti ingin menghindari seseorang di perusahaan. Lihatlah kembali tujuan jangka panjang kita dan cari yang sesuai tujuan tersebut. 

Pelajari pasar kerja dan kemampuan yang dibutuhkan

Mengutip kalimat yang disampaikan oleh Bapak Satya Radjasa, Seorang CEO di salah satu perusahaan konsultan global di Indonesia, dalam presentasinya di careerclass.id pada sesi Step Up Your Job Hunting Game in Virtual Era :

“Proses mendapatkan pekerjaan itu tidak mudah. Dari 250 resume yang masuk di sebuah company, biasanya 4-6 kandidat yang akan lolos tahap interview dan hanya satu orang yang akan mendapatkan penawaran kerja. Karena itu, penting sekali melakukan reality check to the labor market,” ungkap Bapak Satya.

Carilah informasi tentang tren pasar kerja di bidang yang ingin kita masuki. Apakah ada kebutuhan akan tenaga kerja di bidang tersebut, apa yang diharapkan dari seorang profesional di bidang tersebut, dan apa saja kemampuan atau kualifikasi yang diperlukan. Selain itu, bekali juga dirimu dengan pengetahuan terkait perusahaan yang kita idamkan. Memahami konteks dan latar belakang perusahaan dapat membantu kita lebih adaptif dengan situasi serta tantangan baru.

Perbanyak pengalaman dan keterampilan

Pindah karier seringkali membutuhkan pengalaman dan keterampilan baru. Karena itu, carilah peluang untuk terus belajar dan meningkatkan diri (up-skilling) melalui pelatihan atau program pengembangan karier, seperti program yang ditawarkan di careerclass.id. Selain menambah keterampilan baru, memiliki pengalaman dan portfolio yang relevan dengan bidang pekerjaan akan menjadi nilai tambah untukmu. 

Membangun networking

Terhubung dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang ingin kita masuki menjadi hal krusial untuk kita upayakan. Membangun networking dapat membantu kita memperoleh informasi terbaru tentang tren di industri tersebut dan memberikan akses ke peluang kerja yang mungkin tidak diketahui oleh orang lain.

Mengutip kembali perkataan Bapak Satya Radjasa pada sesi Career Class, “Networking can be your career booster. Networking is about establishing, building, and nurturing long-term, mutually beneficial relationships with the people you meet.”

Networking dapat membantu membangun citra diri dan meningkatkan kredibilitas kita. Dengan bergaul dengan orang yang berpengalaman dan berprestasi, kita dapat memperoleh banyak informasi dan kiat yang berguna untuk membangun citra diri kita. Dan yang terpenting, untuk membangun circle pertemanan yang baik, jangan lupakan adab dan be genuine ya teman-teman!

Semoga beberapa tip diatas dapat membantu kita dalam mempersiapkan perpindahan karier ya. Good luck!

Oleh: Miftakhul Jannah Fajriyah, Career Class Angkatan 2022.