Perjuangan Melawan Stigma Demi Karier Impian


Drama Korea dengan kisah seorang pengacara istimewa yang memiliki ketertarikan dengan paus. Extraordinary Attorney Woo dibintangi oleh Park Eun Bin dan aktor-aktor terbaik Korea lainnya mendapatkan antusiasme para penonton sehingga menjadi topik hangat di berbagai platform sosial media. Dalam setiap episode drama ini tidak hanya menyuguhkan kasus-kasus hukum yang menarik tetapi juga keseharian Woo Young Woo.


Sesuai dengan judulnya, drama ini menceritakan perjuangan kehidupan seorang pengacara yang didiagnosis memiliki sindrom asperger yang merupakan salah satu spektrum autisme. Dengan segala keistimewaannya Woo Young Woo harus berjuang beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Drama ini juga dapat memberikan penggambaran kepada para penonton dimana seorang yang memiliki spektrum autisme mampu untuk menjalani kehidupan seperti orang pada umumnya. 

Stigma yang berkembang di masyarakat tentang kondisinya menjadi salah satu tantangan yang membuat dirinya harus mampu beradaptasi. Ia memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata namun memiliki kesulitan dalam memahami kondisi emosi dan situasi seperti orang lain. Ia tidak akan ragu dalam mengutarakan pendapatnya yang terkadang dapat menyinggung orang lain. Meskipun seringkali terlihat tidak memiliki empati dan emosi, tetapi ia tetap berusaha untuk dapat memahami emosi yang diperlihatkan oleh orang lain dan mempelajari apa yang seharusnya dapat ia lakukan untuk merespon emosi dari orang tersebut. 

Selain itu, Woo Young Woo menunjukan bakat yang kuat dalam dunia hukum sejak masih kecil, dengan memaksimalkan bakat dan dukungan yang didapatkan sehingga membuatnya menjadi pengacara pertama di Korea dengan sindrom asperger. Hal unik lain yang membantunya menjalani kesehariannya adalah ketertarikannya dengan dunia paus. Pengetahuannya terhadap paus sangat luar biasa ia memiliki kemampuan membangun koneksi antara kegiatan yang dilakukan dengan pengetahuannya pada dunia paus. Drama ini dapat memvisualisasikan dengan baik imajinasi Woo Young Woo terhadap paus saat menjalani kesehariannya maupun menangani kasus di persidangan. 

Kehidupan Woo Young Woo tentu akan sangat berat jika tidak memiliki dukungan dari orang di sekitarnya. Dikisahkan dalam drama ini, ia dibesarkan oleh Ayahnya seorang diri. Woo Gwang Ho merupakan seorang yang berperan penting dalam perjalanan kehidupannya, ayahnya dapat memahami kondisinya dan memaksimalkan kemampuannya dengan baik. Woo Young Woo memiliki sahabat sejak masa sekolah bernama Dong Geurami yang membantunya dapat melalui kehidupan sekolah yang awalnya tidak terlalu bersahabat menjadi lebih baik. Woo Young Woo memiliki sapaan persahabatan yang unik dengan Dong Geurami dan menjadi salah satu topik perbincangan bagi penonton. 

Di kantornya, Firma Hukum Hanbada ia memiliki rekan satu tim. Choi Su Yeon, yang sudah dikenalnya sejak kuliah, meskipun di awal terlihat tidak terlalu menyukainya, tapi hal tersebut hanya bentuk kekhawatiran yang dirasakan terhadap kondisinya dan lambat laun pun Choi Su Yeon menjadi dekat dengannya dan mendapat julukan sebagai spring’s sunshine. Jung Myeong Seok salah satu pengacara senior dalam timnya, meskipun awalnya meragukan kemampuannya pada akhirnya ia dapat melihat potensi yang dimiliki oleh Woo Young Woo dan memberikan kesempatan kepadanya.

The Tactician julukan Kwon Min Woo, latar belakang kehidupan yang dimiliki membentuk dirinya menjadi seorang ambisius untuk dapat sukses. Kwon Min Woo melihat bahwa Woo Young Woo mendapatkan perlakuan khusus karena kondisi yang dimilikinya. Hal ini membuat Kwon Min Woo mengusiknya setiap ada kesempatan. Lee Jun Ho dari Tim Litigasi yang bekerjasama dengan timnya, salah satu orang yang selalu mendengarkan pembicaraan pausnya. Dalam plotnya hubungannya dengan Lee Jun Ho berkembang menjadi hubungan romantis. Di mana Lee Jun Ho dapat memahami dan mencintai Woo Young Woo bukan karena simpati.

Kehidupan manusia erat kaitannya dengan pandangan umum yang menempel di masyarakat baik negatif maupun positif. Stigma, hal negatif yang bersinggungan dengan kehidupan manusia. Extraordinary Attorney Woo memperlihatkan bagaimana seseorang memaksimalkan ketertarikan menjadi suatu hal yang positif, perjuangan keras dan dukungan orang terdekat yang diberikan untuk dapat membantu beradaptasi serta berkembang dalam kehidupan yang dipenuhi dengan stigma. 

Oleh: F. Andanari, Career Class Angkatan 2023.