Lawan Ketakutan Agar Impian Tidak Sekadar Khayalan


Impian merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Namun, rasa takut seringkali membuat seseorang menghentikan langkahnya untuk mewujudkan impian tersebut. Ketakutan seseorang pada kesuksesan sebagian besar tidak disadarinya. Ketidaksadaran ini telah membuat seseorang menahan diri untuk mulai melakukan sesuatu dalam mencapai impian

Menurut para ahli, rasa takut akan kesuksesan mirip dengan ketakutan pada kegagalan. Kedua ketakutan yang membuat seseorang tidak akan pernah mencapai impian atau tujuan mereka. Contoh, seseorang yang belum berani melawan ketakutan dapat kamu simak dari kisah berikut.

“Perusahaan tempat Rina bekerja sedang membuka lowongan bagi internal perusahaan untuk posisi Manajer. Rina yang sudah bekerja selama 3 tahun berharap mendapatkan promosi sebagai Manajer, tetapi persyaratan yang diminta untuk presentasi di depan petinggi perusahaan membuat Rina maju-mundur untuk mendaftar. Hingga akhir pendaftaran, Rina pun tidak berani submit berkas karena merasa takut gagal dan kalah saing dengan rekannya.”

Dari kisah tersebut, kamu mengetahui bahwa Rina tidak memanfaatkan kesempatan yang datang padanya. Ia lebih memilih menjadi Manajer hanya keinginan semata. Padahal, jika ia mencoba, maka akan ada dua kemungkinan yaitu gagal atau berhasil. Apalagi jika ia mau melawan rasa takutnya dan mempersiapkan dengan terbaik, kemungkinan berhasil akan lebih besar. 

Rasa takut merupakan hal yang wajar dimiliki seseorang dan dapat diatasi. Sadari rasa takut yang kamu miliki untuk memulai langkah mencapai impian. Cari tahu akar dari rasa takut dan identifikasi apa yang membuat tidak nyaman untuk bergerak maju. Jika kamu dapat memahami apa yang menyebabkan rasa takut, maka kamu dapat menemukan cara untuk mengatasinya.

Berlatihlah mengatasi rasa takut. Cobalah untuk menghadapi kekhawatiran secara bertahap dan terus meningkatkan kesulitan yang dihadapi. Jangan sampai kamu menyesal karena telah menyia-nyiakan kesempatan yang menawarkan jalan menuju impianmu. Ketika berani bermimpi, maka juga harus berani untuk mewujudkannya satu per satu. Kamu hanya dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu mulai menggapai impian atau menjadikannya sebatas keinginan.

Kalau kamu butuh sistem pendukung untuk mewujudkan impian tersebut, kamu bisa menemukannya di dalam komunitas Career Class. Penasaran seperti apa komunitasnya? Apa saja program dan aktivitasnya? Cari tahu selengkapnya memalui media sosial Career Class di bawah ini, yuk!

LinkedIn: Career Class

Instagram: @careerclass_id

Website: www.careerclass.id

Oleh: Indah Aulia Sri Utami, Career Class Angkatan 2022.