Stuck di Pekerjaan, Terus Gimana Dong?


"Berkembang itu bukan tanggung jawab perusahaan, berkembang adalah tanggung jawab diri sendiri." begitulah kira-kira yang disampaikan oleh Dokter Elvine pada permulaan sesi Career Class 2023 yang masih teringat jelas sampai sekarang. 


Kita tidak harus menunggu tempat kerja kita untuk memberikan fasilitas pengembangan diri kepada kita. Alih-alih menunggu sesuatu yang tidak pasti, lebih baik kita menunggu dengan memastikan diri kita bergerak, berkembang atas inisiatif sendiri, dan melangkah pelan pelan untuk memastikan bahwa suatu hari nanti kita bisa melompat jauh.


Menyambung yang apa yang disampaikan oleh Dokter Elvine,"Perkembangan kita adalah untuk diri kita sendiri.” Ya, semuanya akan kembali kepada diri kita sendiri, sehingga pengorbanan kita untuk berkembang saat ini dan selama ini hasilnya akan menguntungkan diri kita sendiri.


Terdapat tiga hal yang bisa kita lakukan ketika merasa stuck dan tidak berkembang pada pekerjaan kita saat ini, apa aja sih?


Membangun komunikasi dengan rekan kerja atau atasan


Kita harus mencoba menghilangkan kecanggungan dengan rekan kerja atau atasan. Menjadi lebih terbuka dan saling mendukung dengan orang orang yang bekerjasama dengan kita dalam lingkungan kerja. Cara efektif membangun komunikasi di lingkungan kerja misalnya dengan makan siang bersama saat jam istirahat kantor. Dengan keakraban ini, kita akan menjadi lebih nyaman dalam lingkungan kerja.


Memiliki dan berdiskusi dengan Mentor


Apakah kita semua sudah memiliki mentor? Penting banget lho memiliki mentor untuk kemajuan personal dan profesional kita. Mentor biasanya orang yang lebih senior secara pengalaman hidup dan pengalaman kerja dibandingkan dengan kita, sehingga kita bisa belajar hal hal baru dari Mentor. Memiliki mentor bisa diibaratkan sebagai kartu akses akselerasi diri kita, menghindari kesalahan yang pernah terjadi sebelumnya maupun mempelajari cara yang lebih efektif untuk mencapai tujuan dalam karier kita.


Mengeksplorasi bidang pekerjaan baru


Mengeksplorasi bidang baru dalam pekerjaan juga sangat penting lho dalam pengembangan karier kita. Tidak perlu takut buat mengeksplor hal baru yaaa karena kita tentunya akan memperoleh keterampilan baru yang mungkin tidak pernah kita dapatkan dari bidang pekerjaan sebelumnya. Keterampilan baru ini dapat membantu meningkatkan kompetensi dan kualitas diri kita. 


Itulah tiga hal di antara yang bisa kita lakukan di tempat kerja, jika kita sering merasa stuck dengan pekerjaan yang saat ini kita kerjakan. Menjaga kewarasan diri kala stres dengan pekerjaan yang saat ini dilakukan tidak selalu healing ke tempat-tempat yang jauh dan menghabiskan banyak biaya, bisa jadi kita hanya perlu main ke meja sebelah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari hal baru yang kita pelajari. 


Oleh : Risma N. Isnayah, Career Class Angkatan 2023.