Self love: Cara Menemukan Dirimu dan Penciptamu


Beberapa orang membeli tas, baju baru, jalan-jalan keluar negeri, membeli barang yang disukai adalah alasan mereka untuk mencintai diri sendiri atau bentuk self love yang mereka  punya, tapi ternyata setelah membeli semua barang itu rasanya sama saja, mereka belum bisa mencintai dirinya sendiri. Sebenarnya apa sih makna mencintai diri sendiri atau self love? Supaya secara berkesadaran mencintai apa yang sudah Tuhan berikan.

Semua orang memiliki cerita di masa lalu, bahkan ada yang membuat dirinya insecure, merasa terancam, membenci sesuatu, atau menghambatnya dalam mencapai impian. Bisa jadi itu sangat dipengaruhi oleh kejadian-kejadian di masa lalu. Salah satu cara untuk berdamai dengan semua itu adalah dengan mencintai dan menyayangi diri sendiri.

Self love merupakan bagian dari sikap mencintai diri sendiri dan segala sesuatu yang tumbuh sejak masa kecil sampai dewasa, termasuk inner child. Jika seseorang memiliki  pasangan yang mencintainya, tetapi ia tidak mencintai diri sendiri, maka semua pujian dari pasangannya menjadi tidak akan ada artinya. Contohnya ketika pasangan mengatakan,  “Kamu cantik banget, sayang.”  Namun, dia tidak merasa dirinya cantik, maka pujian itu tidak akan cukup membuatnya merasa nyaman dengan dirinya. “Ah masa sih aku cantik? Aku kan gendut, banyak jerawat, pipiku juga chubby.”

 Ada beberapa orang yang menganggap bahwa mencintai diri sendiri artinya menaruh kepentingan dirinya di atas orang lain. Dengan kata lain itu merupakan sikap egois. Ketika seseorang sudah merasa cukup dengan dirinya sendiri, ia  tidak memerlukan pujian dari orang lain bahkan tidak merasa terganggu terhadap hinaan orang lain. Artinya, jika seseorang berhasil menghargai dirinya sendiri, ia bahkan akan dengan tulus memuji orang lain tanpa berharap akan dipuji kembali. 

Ketika sudah mencintai diri secara utuh dan penuh, menghargai kelebihan dan kekurangan diri, tidak mengharapkan pengakuan dan penerimaan orang lain secara berlebihan, maka ketulusan akan mengalir untuk memberikan pengakuan dan penerimaan pada orang lain. Itu artinya hal tersebut bukanlah sikap egois, melainkan bukti dari keberhasilan menerima seseorang dalam menerima dirinya. 

Coba tuliskan apa kelebihan dirimu! Apa yang menjadi keunikan dirimu yang tidak dimiliki orang lain? Apa kebahagiaan yang pernah didapatkan? Jika sudah menjawab semua pertanyaan di atas, semoga kamu sudah tidak lagi membanding-bandingkan hidup dengan orang lain apalagi menilai hidup seseorang  berdasarkan kehidupan mereka di media sosialnya.

Yuk, tingkatkan spiritualitas diri sendiri. Ini tentang bagaimana cara terkoneksi dengan Sang Pencipta. Maka apa yang terjadi? Kamu akan lebih mudah merasa cukup dan bersyukur. Semakin mencintai Sang Pencipta, maka akan mudah untuk mencintai apa pun yang ada pada dirimu. Jadi, bentuk self love yang paling fundamental sebelum belajar mencintai yang lain adalah cinta kepada Sang Pencipta. Berikan juga afirmasi positif untuk dirimu, ya!

Dapatkan berbagai informasi terkait self and career development di media Career Class!

LinkedIn: Career Class
Instagram: @careerclass_id
Website: www.careerclass.id

Oleh Siti Nuraviva, Career Class Angkatan 2023