Menghadapi Masa Sulit dengan Menulis Jurnal


Mengapa kegiatan menulis jurnal bisa mendukung kesehatan kita? Menurut Kira M. Newman dari The Greater Good Science Center, the University of California (2020), menulis jurnal merupakan cara mengungkapkan emosi, seperti rasa sakit, rasa malu, hal-hal rahasia yang belum pernah kamu bagikan ke orang lain dan hanya berkelindan dalam pikiranmu. Melalui tulisan, perasaan-perasaan itu dapat kamu ejawantahkan menjadi kata-kata melalui tinta hitam di atas selembar kertas yang bersih. 

Selain menerjemahkan perasaan, menulis jurnal juga membuat kamu dapat berpikir dan mengevaluasi sebab dan akibat dari kejadian yang kamu alami. Sehingga kamu akan lebih sadar tentang dirimu sendiri dan bagaimana duniamu selama ini. Jika kamu memiliki trauma, maka tulisan pada jurnalmu akan membantumu memproses rasa trauma tersebut dan memberimu kesadaran bahwa kamu tidak bisa terus-menerus dikendalikan oleh trauma, melainkan kamu yang harus bisa mengendalikan rasa trauma itu.

Journaling adalah alat untuk menempatkan pengalaman, pikiran, keyakinan, dan keinginan kita ke dalam bahasa, dan dengan melakukan itu membantu kita memahami dan tumbuh serta memahaminya,” kata Joshua Smyth, seorang profesor kesehatan dan kedokteran biobehavioral terkemuka di Penn State University.

Terlepas apakah kamu memiliki isu kesehatan mental, sedang beradaptasi pada suatu kondisi yang jauh berbeda dari kebiasaanmu, atau sedang mengelola stres sehari-hari terkait pekerjaan atau lainnya, maka menulis jurnal dapat kamu pertimbangkan menjadi solusi untuk menjagamu tetap sehat. Menulis jurnal akan membantumu merekam hal-hal penting dalam hidupmu.

Berkaitan dengan kegiatan menulis jurnal, salah satu program Career Class Public tahun ini adalah Healing Room, sebuah program yang dirancang dengan tujuan memfasilitasi para peserta dalam menemukan diri, mengenal emosi, dan bisa memetakan masalah dengan baik. Didukung dengan materi dari para profesional, sesi menulis jurnal bersama, dan tentunya buku jurnal yang dirancang khusus sesuai dengan tujuan dan kebutuhan program untuk mengakomodasi proses belajar peserta dalam mengenali dirinya secara lebih baik.

Dengan mengusung tema 100 Days Journaling Habit, program ini akan membantumu mengenali trauma, berdamai dengan trauma tersebut, mengenal dan meregulasi emosi, hingga merancang hidup dengan lebih sadar. Apakah kamu termasuk yang masih meraba-raba siapa dirimu saat ini? Maka program Career Class Healing Room bisa menjadi solusi. Info selengkapnya klik di sini, ya!

LinkedIn: Career Class

Instagram: @careerclass_id

Website: www.careerclass.id