Urgensi Mengenal Diri Sendiri


Di era digital saat ini, distraksi semakin sulit untuk dihindari. Ekspektasi orang lain kerap mengganggu dan bisa membuatmu kehilangan diri dan tak lagi mengenal diri sendiri. Apalagi jika kamu juga menyimpan luka atau trauma masa lalu. Rasanya mengenal diri sendiri terasa semakin sulit. Namun, sebelum mencari tahu bagaimana cara mengenal diri sendiri, perlu untuk mengetahui kenapa sih mengenal diri sendiri itu penting? Yuk, simak penjelasannya sampai akhir!

Menemukan sesuatu yang membuat kita tergerak dan antusias menjalani kehidupan adalah bagian dari mengenal diri sendiri. Misalnya dengan menyadari nilai-nilai diri, menerima kelebihan dan kekurangan diri, meningkatkan kapasitas diri, menyadari kebutuhan diri untuk mencapai tujuan, dan sebagainya. Lalu, apa urgensi mengenal diri?

Lebih mencintai diri sendiri

Dengan mengenal diri, kamu jadi lebih menghargai dan mencintai dirimu sendiri. Menjadikan masa lalu sebagai pelajaran berharga, bukan sesuatu untuk dipikul menjadi beban yang dibawa ke masa kini. Karena saat kamu mengenal dirimu, kamu sadar bahwa kamu tidak lagi tinggal di masa lalu, melainkan hidup di masa sekarang untuk memperbaiki masa depanmu.

Meningkatkan kecerdasan emosional

Saat kamu mampu mengenal dirimu, kamu akan lebih sadar terhadap emosi yang kamu rasakan. Semakin kamu terbiasa mengenali emosimu lebih cepat, maka kamu akan lebih mudah menghargai orang lain dengan memahami sudut pandangnya. Kamu bisa menempatkan emosimu dengan baik sesuai dengan lawan bicara.

Lebih percaya diri

Ketika kamu telah mengenal dirimu, maka kamu tidak lagi menjadi priadi yang ragu. Kamu akan lebih percaya diri dan lebih terbuka menjadi dirimu yang tampil dengan versi terbaiknya. Saat kamu percaya diri, kamu tidak lagi khawatir pada komentar negatif orang lain tentangmu.

Bagaimana, sudah siap mengenal diri sendiri? Yuk, ikuti program Career Class Healing Room, sebuah program yang akan membantumu menemukan dirimu melalui 100 Days Journaling Habit. Penasaran tentang programnya? Pantau terus media Career Class untuk info berikutnya, yaaa~

LinkedIn: Career Class

Instagram: @careerclass_id

Website: www.careerclass.id

Oleh: Nur Fauziah, Career Class Angkatan 2020.

Selma