Mengenal Profesi di Bidang IT


Saat ini dunia Informasi dan teknologi sangat cepat berkembang, apalagi sekarang sedang marak teknologi Artificial Intelligence (AI). Melalui AI, kamu bisa membuat sistem yang dapat menentukan keputusan melalui jutaan database yang sudah diolah.

Dari teknologi canggih itu, banyak sekali tim yang terlibat dalam terbentuknya suatu sistem, baik itu berupa suatu website atau aplikasi komputer/handphone. Tentunya kamu bisa menjadi salah satu bagian dari ekosistem informasi dan teknologi tersebut. Skill yang dibutuhkan tidak hanya teknis saja, tetapi soft skill sangat penting untuk diperlukan. Berikut langkah awal yang bisa jadi awal batu loncatan kamu dalam memulai karier di bidang IT.

Kenali Peran
Ketika masuk di dalam dunia IT, secara sederhana tim inti yang sering dibagi ada tiga, yaitu: 

  1. Hacker; bagian tim yang berperan dalam membangun teknologi, merancang bagaimana sistem bisa bekerja dan memastikan sistem bisa dikembangkan.
  2. Hipster, bagian tim yang berperan dalam memastikan produk dapat memberikan pengalaman terbaik pelanggan, kaitannya dengan praktik branding, tampilan desain, dan inovasi baru.
  3. Hustler; bagian tim yang berperan dalam memastikan keuangan, kaitannya dengan riset pasar dan market dan fokus untuk mencari keuntungan.

Mulai memilih minat

Dari ketiga peran sebelumnya, kamu bisa memilih sesuai minat dan kemampuan kamu. Jika kamu cenderung menyukai hal matematis, logika, terstruktur, kamu bisa memilih sebagai hacker, di sini kamu bisa mendalami profesi sebagai programmer dan bisa berkembang menjadi system analyst, devop, ataupun tester. Apa bedanya nih? Kita coba telaah satu per satu, ya!

  • Programmer; bertugas dalam menuliskan baris kode yang nanti akan di compile menjadi suatu sistem baik berupa website/aplikasi, sesuai dari desain dan perancangan sistem.
  • System analyst; bertugas dalam merancang arsitektur sistem mulai dari skema database, metode penulisan code dan infrastruktur server.
  • Devop;  bertugas melakukan konfigurasi server seperti melakukan inisiasi awal, melakukan update code dari programmer ke server, memastikan keamanan dari sisi server.
  • Tester; bertugas melakukan pengujian fitur suatu sistem, baik secara fungsional yang terlihat secara user interface oleh pengguna, maupun yang tidak terlihat pengguna, yaitu pengujian validasi tiap baris kode yang telah ditulis oleh programmer.

Jika kamu cenderung menyukai sesuatu secara visual, seni dan suka bereksperimen, kamu bisa memilih sebagai hipster. Di sini kamu bisa mendalami profesi sebagai seorang desainer user interface/user experience (UI/UX) dan bisa berkembang menjadi product manager yang memiliki peran sebagai berikut: 

  • Desainer UI/UX; bertugas melakukan desain user interface sistem secara kreatif dan inovatif dan memastikan user interface / tampilan antarmuka sistem ini memiliki user experience yang baik, artinya, pengguna yang menggunakan ini memiliki kemudahan dalam menggunakan suatu sistem.
  • Product manager; bertugas untuk memastikan sistem ini terbentuk sesuai desain dan alur bisnis, peran ini dominan untuk memonitor tim hacker dalam melakukan pembangunan sistem.

Jika kamu cenderung menyukai hal hal baru, visioner, riset mendalam suatu produk, kamu bisa memilih sebagai hipster. Kamu bisa mendalami profesi sebagai seorang marketer dan bisa berkembang menjadi business analyst bahkan CEO. Peran nya adalah sebagai berikut: 

  • Marketer; bertugas melakukan riset pasar untuk menyimpulkan strategi seperti apa yang bisa diterapkan dalam mencari pengguna
  • Business analyst; bertugas dalam melakukan riset data yang ada di pasar dari beberapa tahun kebelakang dan menyajikannya berupa grafik dan memberikan opsi untuk dijadikan keputusan perusahaan. peran ini juga akan merancang bagaimana alur bisnis ini akan berjalan dari hulu ke hilir yang akan diterjemahkan oleh tim UI/UX sebagai user interface suatu sistem.
  • CEO;  bertugas dalam memastikan bisnis perusahaan berjalan, menentukan keputusan kemana perusahaan akan melangkah. Peran ini memerlukan karisma dan wibawa yang kuat karena perlu memimpin seluruh tim.

Dari beberapa peran di atas, kamu bisa memilih salah satu sebagai permulaan dalam membangun karier di dunia Informasi dan teknologi. Sangat memungkinkan apabila kamu sudah berada di salah satu profesi misalnya hacker dan berpindah ke hipster atau hustler, tentunya dengan terus mengasah skill baik itu hard skill maupun soft skill. Selamat berkarya teman-teman!

Dapatkan informasi lainnya seputar karier di media sosial Career Class!

LinkedIn: Career Class

Instagram: @careerclass_id

Website: www.careerclass.id

Oleh Rega Cahya Gumilang, Career Class Angkatan 2023.

 

Tags :
karier it