Pentingnya Menyadari Kesehatan Mental


“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”

Siapa yang pernah mendengar pepatah tersebut? Seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting untuk dijaga, sehingga perlu untuk mengetahui hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan mentalmu. Kesehatan mental yang terjaga akan membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik karena pikiran akan mengarahkan kepada hal-hal yang positif. Berbeda jika kesehatan mental terganggu, pikiran dan perasaan akan dipengaruhi dengan hal-hal negatif yang akan menyebabkan kondisi tubuh ikut terganggu.

Kesehatan mental penting bagi setiap orang di setiap tahap kehidupannya. Tak hanya usia anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Tentu banyak sekali faktor yang menyebabkan masalah pada kesehatan mental, misalnya kondisi fisik tubuh dan masalah psikologis. Bahkan kesehatan mental yang terganggu saat dewasa bisa disebabkan keadaan saat masih anak-anak. Kejadian atau pengalaman pahit di masa lalu. Sehingga penting bagi siapa pun untuk sadar dan menjaga kesehatan mentalnya.

Apa saja sih, tanda-tanda awal adanya gangguan kesehatan mental?

Menurut American Psychiatric Association (2022), beberapa tanda dan gejala gangguan kesehatan mental yaitu terjadi gangguan tidur, gangguan makan, perubahan mood, sensitif terhadap suara atau bau, sulit berkonsentrasi, apatis, panik, terjadi perubahan perilaku, hingga turunnya performa dan sulit berhubungan dengan orang lain.

Apabila kamu hanya mengalami satu atau dua dari gejala di atas, bukan berarti mengalami gangguan kesehatan mental, ya! Tetap diperlukan assessment oleh ahli untuk menghindari self-diagnose. Namun, jika kamu mengalami hal-hal di atas hingga menganggu kehidupan atau aktivitasmu sehari-hari, maka segera kunjungi profesional untuk membantumu mengurai gangguan tersebut.

Bagaimana kalau kamu melihat adanya gangguan kesehatan mental pada orang lain?

Apabila kamu menemukan di lingkungan sekitarmu ada seseorang yang memiliki perubahan kebiasaan atau perilaku, jangan buru-buru menganggapnya buruk, ya! Siapa tahu ia juga mengalami tanda-tanda lainnya yang mengarah kepada gangguan kesehatan mental. Kalau memang demikian, ini hal yang bisa kamu lakukan:

- Pelajari lebih dalam terkait kesehatan mental.

- Mengajaknya berbicara dari hati ke hati atau merekomendasikan seorang ahli tanpa membuatnya tersinggung.

- Berikan dukungan moril agar ia tidak merasa berjuang sendirian.

- Pantau kondisi orang tersebut apakah perlu perawatan intensif atau tidak.

Semoga dengan membaca tulisan ini, kamu bisa lebih sadar untuk menyayangi diri dan orang-orang di sekitarmu ya! Kamu juga bisa mengikuti program Career Class Healing Room untuk mendukung kesehatan mentalmu atau orang-orang yang kamu sayangi, lho! Pendaftaran program Career Class Healing Room akan dibuka pada 15 April 2023, selengkapnya pantau terus media Career Class, ya!

LinkedIn: Career Class

Instagram: @careerclass_id

Website: www.careerclass.id

Oleh: Nur Fauziah, Career Class Angkatan 2020.