Belajar Rahasia Bisnis dari Orang China


Sudah menjadi rahasia umum jika kemampuan berdagang ala orang China (Tionghoa) kerap kali berhasil menuai kesuksesan. Dari hal tersebut kita bisa menelisik lebih jauh faktor-faktor apa saja yang menjadi kunci dari kesuksesan berbisnis yang mereka raih. Saat Melakukan diskusi dengan salah seorang teman keturunan Tionghoa, Ia menceritakan bahwa banyak yang bisa dipelajari untuk menjadi dasar kuat kiat-kiat membangun usaha.

Menghargai Proses dan Punya Daya Lenting “Pengusaha” yang Kuat

Bukan tidak mungkin bahwa setiap bisnis yang sukses dan berhasil memiliki pengalaman jatuh dan merugi di waktu silam. Kisah masa lalu tersebut dijadikan pelajaran berharga dimana kerugian tersebut dianggap sebagai modal belajar dari pengalaman. Namun hal itu tidak menjadikan semangat mereka luntur dan menjadikan semangat dasar yang kuat kaum Tionghoa bangkit serta terus memajukan usahanya tanpa tapi. Mereka menghargai proses jatuh bangun berbisnis yang tidak mudah menyerah dengan berprinsip pada ketekunan yang akan berakhir baik.

Memiliki Keramahan Pelanggan dan Timbal Balik Bisnis yang Menyenangkan

Pengusaha kaum Tionghoa menjunjung tinggi hubungan kerja sama yang baik dengan rekan bisnis, pengusaha lain, dan pelanggan. Berbagai cara mereka terapkan untuk memberikan kesan terbaik dan menyenangkan agar mereka merasa nyaman untuk melakukan pembelian berulang serta kerja sama yang langgeng. Salah satu caranya adalah dengan memberikan bonus di hari-hari besar sebagai souvenir untuk pelanggan. Hal tersebut akan menarik simpati dan perhatian pelanggan sehingga akan melakukan pembelian kembali di toko tersebut.

Tidak Berorientasi Penuh pada Keuntungan Semata

Bagi mereka keuntungan dalam berbisnis dan menjalankan usaha adalah nomor sekian. Hal utama yang harus mereka bangun adalah terus berlangsungnya perputaran uang pada modal usaha. Mereka akan melakukan strategi dengan harga terjangkau untuk menghasilkan pembeli yang lebih banyak. Prinsip tersebut diperoleh akibat margin keuntungan yang masuk akal agar barang habis terjual dahulu dan pembeli akan datang lagi di kemudian hari.

Pintar dalam Mengatur Keuangan dan Berinvestasi

Salah satu tips yang selalu ditekankan bagi siapa saja yang hendak berbisnis dan membangun usaha adalah senantiasa memisahkan perputaran uang pribadi dan uang bisnis. Sehingga tidak akan bercampur dengan kebutuhan modal usaha yang kita miliki. Kemudian kita akan selalu beranggapan bahwa uang yang banyak itu bukan milik pribadi melainkan uang yang harus diputarkan baik untuk modal usaha sendiri atau investasi di bisnis orang lain.

Disiplin dan Komitmen pada Waktu

Budaya Tionghoa menghantarkan para pengusaha menjadi pribadi yang disiplin dan tekun. Mereka menghargai waktu dan berkomitmen tinggi pada setiap usaha yang sedang mereka jalani. Tepat membaca pangsa pasar dan memperhatikan jadwal rutinitas dengan baik sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Mempelajari Bisnis Sedari Kecil

Bukan hal yang mengejutkan bahwa banyak pemilik toko kaum Tionghoa telah mengenalkan dunia bisnis kepada anak-anaknya sedari dini. Bahkan banyak dari mereka setelah besar turut memajukan usaha milik orang tua nya. Sehingga jiwa berbisnis telah ditanamkan oleh orang tua mereka untuk membentuk karakter pengusaha yang diinginkan.

Dari ke-6 cara diatas, maka kita sekarang jadi tahu sebuah rahasia yang bisa kita terapkan untuk bisa mengambil banyak hal baik tersebut. Maka bukan tidak mungkin bahwa semua orang mampu memiliki pondasi kuat untuk berdagang asalkan bisa menerapkan cara-cara tersebut.  Mengadaptasi berbagai tips menarik yang baik akan membawa kita menjadi pengusaha dengan totalitas. Karena proses berdagang dan menjadi wirausahawan tidaklah mudah, perlu proses adaptasi terbaik. Namun susah belum tentu tidak bisa kan?

Oleh Adhinda Thasya Billa, Career Class Angkatan 2023.