6 Tips Berwirausaha Bagi Pemula dari Minus


Apa yang ada di benakmu setelah lulus kuliah? Mayoritas mahasiswa yang baru lulus ingin mendapatkan karier yang mapan dengan bekerja menjadi karyawan kantoran. Namun, pernahkah kita untuk berpikir alternatif karier lain yang juga menarik sekaligus menantang, yaitu berkarier sebagai wirausahawan?

Wirausaha merupakan salah satu pilihan karier yang semakin diminati oleh anak muda. Berwirausaha dapat memberikan kebebasan dalam mengatur waktu dan memiliki potensi pendapatan yang tinggi juga. Namun, masih banyak orang yang takut untuk memulai usaha mereka sendiri karena berbagai alasan, seperti takut gagal, tidak memiliki modal yang cukup, dan takut sama risikonya.

Untuk menjadi seorang wirausaha dibutuhkan komitmen yang kuat untuk membangun diri. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita coba untuk memulai berkarier sebagai wirausaha.

Kemauan untuk Memulai

Dalam menjalankan sebuah usaha kita tidak boleh pesimis, tapi tetap harus realistis ya. Beberapa orang takut untuk memulai usaha karena tidak memiliki modal yang besar. Karena mereka berpikir hanya modal uang yang dapat menggerakkan sebuah usaha. Tetapi kenyataannya bukan seperti itu, yang terpenting adalah kita berani untuk memulai terlebih dahulu dan mencari jalan atas tantangan yang akan muncul dalam perjalanannya. Permasalahan modal akan terpecahkan dengan berbagai solusi. Pendanaan memang penting, bukan hanya soal uang saja tetapi juga diperlukan yang namanya sebuah ide usaha dan juga skill dalam menjalankan sebuah usaha.

Memulai dari Apa yang Disukai

Agar menikmati dalam menjalankan usaha, yuk kita mulai dari apa yang kita suka agar perjalanannya terasa lebih ringan. Sebagai contoh, bagi yang hobi memasak maka bisa mulai untuk membuat camilan, kemudian pasarkan, dan jual melalui media sosial atau tawarkan kepada teman teman kita. 

Fokus untuk Konsisten

Memang dalam menjalankan sebuah usaha itu tidak mudah. Terkadang membutuhkan waktu yang lama, tenaga yang besar, biaya yang  banyak, dan selalu ada saja masalah yang dihadapi. Sehingga banyak wirausahawan yang berhenti ketika di tengah-tengah perjalanan dalam mengembangkan sebuah usaha. Kegagalan itu merupakan tantangan yang akan membentuk mental kita dan jadikan itu semua menjadi sebuah pelajaran yang akan mengantarkan kita untuk mendapatkan pelajaran agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Yang terpenting adalah fokus dan konsisten terhadap usaha yang sedang kita upayakan.

Belajar dari Wirausaha yang Sudah Berpengalaman

Cari tahu pengalaman seseorang yang sudah berpengalaman dalam berwirausaha dan dapatkan pembelajaran dari seorang wirausaha yang sudah lebih dulu memulai dan berhasil. Pembelajaran ini yang membuat seorang wirausaha tetap bisa bertahan dalam menjalankan usahanya. Bergabung di Career Class salah satu cara kita bisa bertemu dengan para wirausaha yang sudah berhasil menjalankan usahanya, seru banget diskusi dengan para wirausaha keren di Career Class. 

Menjadikan Ketidakpastian sebagai Sahabat

Dalam menjalankan sebuah usaha tidak selalu berjalan mulus, selalu terdapat ketidakpastian/ resiko di dalamnya. kita harus selalu siap setiap saat dalam menghadapi sebuah ketidakpastian/ resiko usaha. 

Temukan Tim yang Dapat Mendukung

Jika teman-teman ingin tumbuh lebih cepat dan melesat bekerjalah dengan tim yang solid. Bangun relasi dari sekarang sebanyak-banyaknya dan kita bisa melihat siapa saja yang bisa kita ajak bergabung dalam usaha kita. Pilihlah tim yang memiliki visi dan mau berjuang bersama dalam membangun usaha.

Semangat selalu dan yakin bahwa usaha akan sampai. Tunjukkan kesungguhan kita dalam mengupayakan hal terbaik dalam hidup kita, salah satunya dengan menjadi wirausaha tangguh.

Oleh : Nur Rachmah Wahidah, Career Class Angkatan 2023.