Birthcare Center: Kisah Persiapan Menjadi Seorang Ibu


Birthcareee Center salah satu judul drama Korea yang mungkin kurang dikenal oleh banyak orang bahkan bagi peminat drama korea sendiri. Ditayangkan oleh stasiun TV swasta ternama TVN yang telah banyak melahirkan banyak drama populer seperti Reply 1988, Hospital Playlist, dan lainnya. Drama ini mengangkat tema yang fresh yaitu tentang motherhood. Cerita yang berpusat pada karakter Oh Hyunjin yang diperankan oleh aktris Uhm Jiwon, Birthcare Center memberikan insight baru tentang penonton untuk lebih mengenal tentang dunia seorang ibu. 

Berlatar di sebuah pusat postpartum care atau pusat pemulihan bagi ibu dan bayi pasca melahirkan yang sangat umum di Korea Selatan. Penonton dipertemukan dengan berbagai macam ibu dari latar belakang yang berbeda. Menariknya, setiap karakter ibu di drama ini diceritakan dengan pandangan motherhood yang berbeda satu sama lain, dimana mungkin bisa tercipta konflik diantaranya. Namun, dengan adanya perbedaan tersebut para ibu berbagi pendapat dan saling belajar. 

Oh Hyunjin adalah seorang wanita karir yang memiliki prospek kerja yang sangat gemilang, dibuktikan dengan menjadi seorang direktur eksekutif termuda di perusahaannya. Tetapi tidak lama setelah pengangkatannya, Hyunjin dikejutkan dengan hadirnya buah hati di usianya yang sudah tidak muda lagi. Ketika masuk ke postpartum care, Hyunjin tersadar bahwa dia adalah ibu tertua yang ada di sana dengan persiapan dan pengetahuan menjadi ibu jauh dibandingkan dengan ibu yang lain.

Melihat ibu lain disekitarnya yang terlihat sangat paham dengan apa yang mereka lakukan sebagai ibu, Hyunjin menyalahkan diri sendiri karena terlalu fokus pada karirnya dan tidak terlalu memperhatikan kebutuhan untuk bayinya dengan baik. 

Dalam dunia profesional, Hyunjin menjadi ratunya, namun dalam dunia motherhood, Hyunjin berada pada kasta terendah. Beruntungnya, Hyunjin memiliki suami yang sangat supportive dalam membantu menghindari postpartum depression yang mengancam.

Berbeda dengan Hyunjin, Jo Eunjung, seorang ibu rumah tangga yang memiliki anak kembar dan kali ini melahirkan anak ketiganya terkenal sebagai sebagai ahli dalam dunia motherhood berdasarkan unggahannya di media sosial. Semua orang ingin berteman dengannya agar mendapatkan tips mengasuh anak ala Eunjung yang baik dan efektif. Sebagai ibu, Eunjung telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk anak sejak melahirkan pertama kali, seluruh waktunya hanya untuk anak-anaknya. Namun, kehidupannya tidak sesempurna yang orang lihat. Suami Eunjung adalah seorang pegolf profesional yang kerap sibuk dan jarang berkomunikasi dengannya di rumah, sehingga membuat Eunjung lelah secara mental dan tidak bahagia.  

Setelah menyorot dua ibu dengan keluarga yang lengkap, datanglah anggota baru, seorang single mother bernama Lee Rooda. Rooda adalah seorang ibu muda yang free-spirit dan memiliki pola pemikiran motherhood yang sangat bertentangan dengan ibu lainnya, seperti memutuskan tidak ingin eksklusif ASI dari awal walaupun mampu.

Baginya kebahagiaan dirinya adalah yang paling penting dibandingkan apa yang dibutuhkan oleh bayinya. Rooda beranggapan menjadi ibu bukan berarti dia harus menghilangkan identitas dirinya yang sudah ada sebelum melahirkan. Setelah menghabiskan waktu bersama para ibu yang lain, Rooda tersadar bahwa semua ibu juga memiliki hal yang harus dikorbankan ketika menjadi ibu. Sejak saat itulah dia mulai menurunkan ego dan berusaha memberikan terbaik bagi bayi, tetapi masih memikirkan kesehatan mentalnya. 

Dari ketiga karakter utama yang memiliki definisi motherhood berbeda ini, penonton dapat melihat berbagai macam kekhawatiran and beban yang ditanggung oleh ibu terutama ibu baru. Salah satu pelajaran yang bisa dipetik dari drama ini adalah seorang ibu yang baik bukan berarti ibu yang sempurna. Tetapi, ibu yang bahagia dan pastikan anaknya juga merasakannya. Drama yang hanya memiliki 8 episode ini sangat informatif bagi calon ibu atau yang sekadar ingin lebih mengenal dunia ibu dan juga dikemas dengan komedi ringan yang sangat cocok untuk hiburan berbobot dikala senggang. 

Oleh: Nawad Fauziyah Muna, Peserta Career Class Angkatan 2023.