Kegalauan Fresh Graduate Setelah Wisuda

Adakah di sini yang akan wisuda? Atau baru selesai wisuda? Jika iya, apakah kamu mengalami kegalauan yang luar biasa tentang kehidupan pascakampus?

Kamu tidak sendiri. Mari kita bergandeng tangan. Ada jutaan orang yang memiliki kegalauan sama sepertimu.

Momen wisuda identik dengan momen kebahagiaan. Tersemat secara resmi gelar yang selama bertahun-tahun telah kamu upayakan. Pada momen tersebut, kamu berbahagia karena mendapat banyak ucapan selamat, banyak hadiah, dan banyak foto bagus. Jika dimaknai lebih jauh, momen itu hanya berlangsung sebentar. Setelah wisuda, lalu apa?

Banyak fresh graduate kebingungan memilih langkah hidup setelah lulus kuliah. Kebanyakan, hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka mengenai dunia pascakampus. Bangku perkuliahan jarang sekali membahas mengenai ini, terutama tentang persiapan karier. Berikut beberapa langkah yang bisa menjadi bekal pascakampusmu.

Kenali Dirimu Sendiri

Nasihat sederhana yang sebenarnya sangat fundamental. Jika seorang fresh graduate belum mengenal diri mereka sendiri, mereka akan kebingungan dalam mengambil keputusan. Sesederhana menceritakan mengenai kelebihan dan kekurangan diri. Banyak yang masih bimbang atau bahkan tidak tahu tentang dirinya sendiri. Mengenali diri sendiri merupakan proses yang panjang. Kamu bisa menggunakan cara seperti refleksi diri, journaling, 360-degree feedback, atau bisa juga dengan berkonsultasi kepada mentor atau consultant career.

Membuat Peta Perencanaan

Sama seperti berpergian, kita juga harus memiliki peta, yaitu peta perencanaan karier. Tentukan dengan jelas apa yang menjadi tujuan kareirmu. Tulis tujuan itu dengan konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound). Satu tujuan bisa ditempuh dengan banyak jalan. Maka, jangan lupa juga untuk membuat Plan A, Plan B, Plan C, dst. Jika kamu gagal di Plan A, kamu boleh bersedih, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena sudah mempersiapkan Plan B. Begitupun seterusnya.

Bekali Dirimu dengan Keterampilan

Keterampilan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang yang akan bekerja. Nilai yang ada pada ijazah mungkin akan sangat bermanfaat di awal. Namun, jika seseorang dengan nilai bagus tidak memiliki keterampilan yang bagus, dia akan kesulitan untuk survive. Di era sekarang banyak sekali kursus atau pelatihan yang tersebar di mana-mana. Ingat pula, bukan hanya hard skill yang dibutuhkan, tetapi juga soft skill. Maka dari itu, kamu juga perlu memiliki attitude yang baik dalam bekerja.

Your First Job is Very Important

Satu keputusan di masa pascakampus akan sangat menentukan hidup seseorang belasan bahkan puluhan tahun ke depan. Maka dari itu, pekerjaan pertama itu sangat penting. Jangan sampai kamu bekerja, tetapi tidak digaji secara manusiawi. Jangan sampai kamu mendapat uang, tetapi kesehatan mental kamu tergadai. Jangan sampai pula kamu memilih perusahaan yang punya potensi gulung tikar atau manajemen yang buruk. Research is the key!

Jika diibaratkan, kehidupan pascakampus seperti roller coaster. Kamu tidak pernah tahu kapan hidup ini akan berjalan cepat atau berprogress lambat. Semua penuh ketidakpastian. Namun, setidaknya kamu mulai mempersiapkan masa itu dengan sebaik mungkin. Dimulai dari sekarang oleh dirimu sendiri. Klik di sini kalau kamu butuh support system untuk mempersiapkan dirimu!

Ikuti media sosial Career Class lainnya!

LinkedIn: Career Class

Instagram: @careerclass_id

Website: www.careerclass.id

Oleh Rahmawati Istianing Rahayu, Career Class Angkatan 2023