Personal Branding Ala Guru Bintang Choi Chi Yeol


Setelah berhasil membintangi Hospital playlist 1 dan 2 Jung Kyung Ho kembali hadir di musim pertama 2023 melalui drama Crash Course in Romance. Jung Kyung Ho berperan sebagai Choi Chi Yeol yang bercerita tentang guru matematika paling terkenal di korea selatan namun mengalami kekurangan gizi karena gangguan makan dan tidur yang dialaminya. Namun sosok Choi Chi Yeol juga digambarkan sebagai sosok yang pekerja keras di dunia pendidikan dan disebut sebagai influencer bagi siswa siswi di Korea hingga dijuluki sebagai guru bintang.

Melalui episode-episode awal drama ini penggambaran karakter Choi Chi Yoel sudah sangat kuat. Di dalam beberapa adegan awal, penonton disuguhkan dengan cara mengajar Choi Chi Yeol yang sangat efektif dan sangat diminati oleh siswa siswi di Korea. Dengan antusiasme dari siswa yang terus meningkat dalam beberapa tahun Choi Chi Yeol berhasil menjadi guru bintang yang populer di kalangan siswa dan orang tua siswa sebagai guru paling hebat dalam mengajar matematika. Selain karena kemampuannya yang hebat dalam mengajar. Popularitas dan kelasnya yang laris manis tidak terlepas dari personal branding Choi Chi Yeol yang kuat di dunia pendidikan. Berikut beberapa hal yang dilakukan oleh Choi Chi Yeol di drama Crash Course in Romance untuk membangun personal brandingnya.

Konsisten dan spesifik dalam membangun karir.

Sebelum menjadi guru bintang yang terkenal di kalangan siswa dan orang tua, Choi Chi Yeol membangun karirnya sebagai guru matematika dengan kerja keras dan penuh perjuangan. Karena konsistensinya mengajar matematika di dunia pendidikan swasta namanya semakin dikenal melalui kelas-kelasnya yang efektif dan menyenangkan. Di dalam satu adegan ketika Choi Chi Yeol berada di titik terendahnya, dia tetap konsisten untuk belajar matematika dan menghadapi semua tantangan yang dia dapatkan.

Memiliki cara mengajar efektif dan penyampaian yang khas.

Kelas matematika Choi Chi Yeol dalam drama ini bukan hanya digambarkan sebagai kelas matematika biasa, cara mengajar Choi Chi Yeol yang cepat dan efektif menjadi skill terbaiknya, selain itu dia juga memiliki daya tarik tersendiri di kelasnya dengan menghibur para siswa, seperti memberikan cerita-cerita motivasi, atau tendangan khas miliknya yang membuat para siswa tidak bosan dan tetap semangat untuk belajar matematika dan seperti memberi “watermark” di setiap akhir kelasnya dia selalu menyebutkan namanya agar lekat diingatan siswa. 

Berkolaborasi dengan perusahaan yang supportif.

Sosok guru bintang yang melekat dalam diri Choi Chi Yeol tidak lepas dari kolaborasinya dengan akademi swasta terkenal di Korea. Di akademi tersebut skill Choi Chi Yeol sangat dihargai sehingga selain bertugas mengajar, Choi chi yeol juga menjadi brand ambassador dari akademi tersebut. Hal ini membuatnya sering tampil melalui wawancara, iklan dan billboard yang membuat personal branding dirinya semakin tersebar luas.

Memanfaatkan sosial media untuk menyebarkan manfaat.

Di kalangan siswa, untuk masuk di kelas Choi Chi Yeol adalah suatu kemewahan karena mahal dan kursinya terbatas. Namun dia berhasil memberikan dampak yang lebih luas bagi para siswa dengan cara rutin mengajar matematika melalui live di sosial media dan website yang disediakan. Sosial media juga berperan besar di dalam karirnya, semua berita baik atau buruk tentangnya selalu menjadi sorotan bagi siswa dan orang tua siswa, sehingga dia selalu menjaga personal brandingnya baik di dunia nyata ataupun di dunia maya.

Itu dia bagaimana membangun personal branding ala Choi Chi Yeol sebagai guru matematika dan influencer di dunia pendidikan. Yuk kita mulai membangun personal branding melalui media dan cara cara yang bisa kita lakukan! Drama Crash Course In Romance sangat cocok ditonton karena dikemas dengan jalan cerita yang ringan dan lucu.  

Oleh: Difadila Malindo, Career Class Angkatan 2021.