Anti “Tabu” Ngobrolin uang Bareng Pasangan ala How to Get Rich


Sejauh apa kamu mengenal pasanganmu? Apakah semuanya baik-baik saja sampai pembahasan mengenai uang tiba? Apakah pembahasan uang selalu terasa sulit dan intens? Atau bahkan sama sekali tidak pernah membahas uang bersama pasangan?. Membahas uang bersama bagi beberapa pasangan menjadi hal yang sulit dilakukan, bahkan sering kali memicu konflik rumah tangga karena bisa jadi merambat ke hal-hal lain, seperti yang terjadi pada beberapa pasangan di serial Netflix : How to Get Rich.

Melalui serial How to Get Rich, penonton dibawa untuk lebih terbuka kepada pasangan mengenai kondisi keuangan pribadi agar menjadi pembahasan sehari-hari yang ringan dan berkualitas. Dibawakan oleh seorang financial planner terkenal Ramit Sethi berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan bersama pasangan menuju hidup kaya bersama.

Mencatat kondisi keuangan masing-masing

Dalam serial How to Get Rich, sebelum Ramit, tokoh utama dalam serial tersebut memberikan pencerahan kepada para pasangan, dia selalu membawa catatan kondisi keuangan mereka, sehingga mereka dituntut untuk mencatat jumlah pengeluaran, pemasukan dan aset yang mereka miliki. Ramit juga meminta para pasangan untuk mencatat detail pengeluaran terbesar hingga terkecil sehingga mereka bisa menjalin percakapan berdasarkan data yang ada, bukan hanya asumsi tentang pengeluaran satu sama lain. 

Mengatur waktu untuk membicarakan uang bersama

Salah satu faktor terbesar kenapa para pasangan sulit untuk membicarakan kondisi keuangan karena sulitnya menemukan waktu untuk duduk bersama dengan tenang khusus untuk membahas kondisi finansial pribadi. Sering kali pembahasan uang hanya dilakukan sambil melakukan aktifitas lain sehingga tidak fokus dan tidak membahasnya secara mendalam. Salah satu solusinya adalah membuat jadwal khusus untuk diskusi bersama pasangan di waktu santai bersama.

Saling mendengarkan masalah dan cita-cita pasangan 

Dalam beberapa episode diperlihatkan bahwa permasalahan uang merupakan efek domino dari permasalahan yang lain, misalnya permasalahan dari perasaan tidak berdaya dan tidak setara dalam keluarga karena tidak  berkontribusi dengan nominal yang sama. Sebelum membahas lebih jauh membahas kondisi finansial, Ramit selalu berusaha untuk membimbing para pasangan untuk mendengarkan permasalahan dan cita-cita masing masing, agar mampu memberikan masukan berdasarkan akar permasalahan dan keinginan antar pasangan. Tentu awalnya pembicaraan ini mampu memicu pertikaian namun seiring berjalannya waktu mereka mampu membahas permasalahan keuangan lebih baik karena merasa didengarkan dan dihormati dari awal pembicaraan dilakukan.

Mendesain hidup kaya dan sejahtera bersama

Hal yang serius dalam perencanaan keuangan namun sering diabaikan yaitu menganalisis dan merancang hidup kaya bersama pasangan, karena setiap orang memiliki defenisi kaya masing-masing, Ketika mendesain hidup kaya bersama menjadi tantangan tersendiri. Mendesain hidup kaya bersama seperti merancang tujuan besar bersama yang dapat diraih melalui langkah-langkah yang dapat dilakukan segera dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga apabila pasangan ingin mengambil keputusan keuangan mereka mampu merujuk keputusan tersebut berdasarkan tujuan hidup kaya yang sudah didesain bersama. 

Membangun kebiasaan baik bersama

Hidup dalam keluarga bersama orang yang kita sayangi artinya bertumbuh dan berkembang bersama, bukan hanya sekadar mencintai, namun bergerak bersama dalam membangun kebiasaan baik. Seperti yang dilakukan oleh salah satu pasangan ketika mengingatkan satu sama lain untuk tidak impulsif dan tergoda diskon, merencanakan belanja bulanan bersama yang biasanya hanya ditugaskan kepada salah satu pihak. Bukan  hanya itu mereka bahkan bersama-sama menjual barang-barang yang tidak mereka butuhkan untuk mendapatkan uang tambahan, dan membagi keuntungan untuk membayar hutang masing-masing. Hal tersebut bisa diwujudkan melalui komunikasi yang baik antar pasangan.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan bersama pasangan untuk meningkatkan kualitas obrolan mengenai uang ala "How to Get Rich". Topik keuangan juga dibahas secara mendalam di kelas-kelas yang diadakan oleh Career Class, jadi jangan lupa untuk follow akun Career Class ya!

Hidup kaya lebih dari berapa jumlah uang di akunmu, itu mengutamakan komunikasi tentang uang bersama orang tersayang -Ramit Sethi

Oleh Difadila Malindo, Career Class Angkatan 2021.