Pengen Naikin Pendapatan, Emang Bisa?


Merasa hidup gini-gini aja? Pendapatan juga gitu-gitu aja? Kebutuhan hidup semakin mahal. Pendidikan yang berkualitas semakin menjadi milik kalangan tertentu. Harga rumah semakin melambung, entah harus berapa tahun selesainya jika mengambil KPR. 

Lantas apa yang harus dilakukan? Apakah akan pasrah dengan keadaan ataukah bergerak mengambil langkah perbaikan? Semua keputusan atas pilihan itu tentu berada di tangan kita. Akan tetapi, bukankah sebaiknya kita bergerak mengambil langkah agar mimpi memperbaiki kualitas hidup kita dan keluarga? Teringat pada salah satu diskusi di Career Class,“Kalau disuruh memilih, bagi saya lebih baik fokus menambah pemasukan daripada harus selamanya menahan diri untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.” 

Hal hal apa yang perlu diperhatikan jika kita ingin meningkatkan pendapatan? Yuk kita belajar bersama.

Pertama, Buatlah Tujuan Keuangan terlebih dahulu. Tujuan keuangan ini akan mengarahkan kita untuk membuat strategi dalam mencapainya. Misalnya kita ingin memiliki rumah dengan harga 500 juta, maka kita akan berusaha membuat rencana mengumpulkan dana tersebut, mengambil keputusan KPR atau tunai dan tentunya menstimulasi kita lebih bersemangat dalam mengumpulkan uang.

Kedua, Menambah Keterampilan Baru dan Memilih Sumber Pendapatan Lebih dari Satu. Di era yang serba cepat seperti ini, kita harus memiliki kesadaran diri untuk meningkatkan keterampilan hidup. Misalnya bagi kita yang bekerja kantoran, belajar di Career Class agar sumber pendapatan tidak hanya satu saja tapi bisa dua bahkan tiga sumber, caranya bagaimana? Belajar proses pengembangan usaha mikro sampai dengan bagaimana cara melakukan penjualan melalui digital marketing.

Ketiga, Membangun Passive Income. Untuk meningkatkan pendapatan kita bisa mencoba cara dengan mulai membangun passive income. Passive income adalah penghasilan yang didapatkan dengan usaha seminimal mungkin, artinya meskipun kita tidak aktif bekerja tapi masih bisa tetap mendapatkan pendapatan. Investasi pada produk keuangan sesuai profil risiko kita bisa menjadi salah satu pilihan.

Selalu semangat untuk belajar hal hal baru dan eksplor diri kita ya. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan kapasitas diri, dan tentu meningkatkan kualitas diri kita.

Oleh Nur Indah Fitri, Career Class Angkatan 2022.