Tips Ini Membantumu Meningkatkan Income


"Merasa pendapatan nggak ada peningkatan dari tahun ke tahun? Padahal kebutuhan semakin banyak dan biaya kebutuhan juga terus naik."

Semua keputusan atas pilihan itu tentu berada di tanganmu. Akan tetapi, bukankah ada baiknya kamu bergerak mengambil langkah agar kamu bisa bertumbuh sekaligus berdampak pada diri sendiri maupun orang lain? Lagi pula bergerak meningkatkan pendapatan akan membantumu untuk menjaga arus kas keuangan tetap sehat. Kalau kata Kurniawan Gunandi, salah satu co-founder Career Class, “Lebih baik fokus menambah pemasukan dari pada harus menahan pengeluaran.” Lantas, bagaimana cara kita untuk bisa punya potensi meningkatkan pendapatan lebih besar lagi? Siimak penjelasannya sampai selesai, ya!

Pertama, buatlah Work Plan Developments terlebih dahulu. Dengan menggunakan work plan developments kita bisa merencakan dan menyusun secara rapi terkait pekerjaan yang kita geluti. Menetukan prioritasnya terlebih dulu dan menganalisa bagaimana pelaksanaan tugasnya serta memanfaatkan tools yang ada. Sehingga nantinya kita bisa mengambil peluang, artinya celah mana yang sebaiknya bisa ditingkatkan lagi atau bagian mana yang ternyata perlu diperbarui.

Kedua, menambah keterampilan baru. Di era yang serba cepat seperti ini, para pelaku usaha juga harus siap menambah keterampilan baru untuk tetap bisa mengembangkan usahanya. Misalnya belajar tentang digital marketing untuk meningkatkan penjualan lewat online atau belajar copywriting untuk manarik perhatian calon pembeli. Selain itu, bisa saja dengan melatih keterampilan baru kita bisa mendapatkan pekerjaan sampingan di luar pekerjaan yang utama. 

Ketiga, melakukan usaha sampingan. Salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan melakukan usaha sampingan. Beragam pilihan usaha sampingan yang bisa kamu pilih mulai dari reseller, dropship hingga menjual produk atau jasa sendiri. Apalagi jika kamu memiliki hobi yang punya nilai jual tinggi. Sekarang pun sudah banyak marketplace yang tersedia, tentu saja memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk melakukan transaksi dengan para customer

Keempat, membangun passive income. Untuk meningkatkan pendapatan kita bisa mencoba cara dengan mulai membangun passive income--penghasilan yang didapatkan dengan usaha seminimal mungkin, artinya meskipun kita tidak aktif bekerja, tapi masih bisa tetap mendapatkan pendapatan. Investasikanlah sebagian penghasilan ke instrumen investasi yang terpercaya, baik itu di bidang properti maupun berinvestasi pada bisnis yang dijalankan orang lain. Jangan lupa pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan budget serta tujuan keuanganmu.

Kelima, cobalah bekerja sama dengan temanmu. Cara yang satu ini mungkin bisa kamu coba untuk meningkatkan income dengan membuka dan menjalankan usaha bersama temanmu. Pastinya dalam mengembangkan bisnis kamu akan membutuhkan orang lain untuk membantumu. Ketika bekerja sama dengan partner, job desk di dalam menjalankan usaha akan memiliki peluang lebih besar untuk berjalan secara efektif, efisien dan hasil optimal karna dikerjakan bersama-sama. Ketika ada permasalahan pun akan lebih mudah selesai karna mencari solusinya secara bersama. Sehingga jelas hal ini akan membantumu dalam mendorong produktivitas bisnis yang sedang kamu jalani. 

Nah, itulah kelima cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan income agar pendapatanmu terus meningkat tiap tahunnya. Kamu juga bisa mengikuti Career Class After Office Hour untuk mempelajari ilmunya langsung dari praktisi. Pantau Instagram Career Class biar nggak ketinggalan infonya, ya!

Oleh: Nur Indah Fitri, Career Class Angkatan 2022.